jaringan pada tumbuhan

MACAM – MACAM JARINGAN PADA TUMBUHAN :

1 jaringan meristem : merupakan jaringan yang terdiri dari sekelompok sel yang aktif membelah. pembelahan sel nya terjadi secara mitosis. dibedakan menjadi :

  • meristem apikal : disebut juga sebagai meristem ujung . meristem ini terdapat pada ujung tumbuhan seperti ujung batang, ujung akar dan ujung daun. pertumbuhan yang dihasilkan oleh meristem apikal merupakan pertumbuhan primer. dan jaringan yang dihasilkan disebut dengan jaringan primer. sifatnya keras dan berkayu. hal ini disebabkan karena struktur penyusun sel nya kompak dan lignin pada dinding sel.
  • meristem lateral : merupakan meristem yang letaknya sejajar dengan keliling organ tempat jaringan ini ditemukan. misal : berupa kambium pembuluh dan kambium gabus. pembelahan pada meristem ini menyebabkan adanya pembesaran pada batang dan akar tumbuhan. pertumbuhan yang disebabkan oleh jaringan ini disebut sebagai pertumbuhan sekunder dan jaringannya disebut dengan jaringan sekunder.
  • meristem interkalar : meruakan meristem yang terdapat pada jaringan yang telah dewasa. misalnya di pangkla ruas rumput-rumputan.

jaringan epidermis :

merupakan lapisan paling luar pada aka, batang,buah, daun , biji, batang pada tumbuhan. pada sel epidermis terdapat lapisan lilin atau kutikula yang dapat mencegah atau meminimalisasi hilangnya air dari tumbuhan.

fungsi jaringan epidermis ialah sebagai pelidung untuk semua bagian dalam tumbuhan . namun fungsi tersebut dapat berkembang seiring ditemukan adanya mdifikasi pada jaringan epidermis.

jaringan parenkim atau yang sering disebut sebagai jaringan dasar . :

seringkali digambarkan sebagai tipikalsel-el tumbuhan. strukturnya tersusun oleh sel-sel parenkim. selnya beregi banyak dan berdinding tipis. fungsi : melakukan kegiatan fotosintesis, sebagai tempat penimbunan makanan,air, dan pigmen, transportasi, mengganti, menyusun , dan memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak, membentuk generasi baru dari tumbuhan.

jaringan kolenkim atau yang sering disebut sebagai jaringan penguat. :

memiliki kesamaan sifat dengan jaringan parenkim. mempunyai bentuk yang simetris.sel-sel nya tidak memilik dinding sekunder. sel-sel nya bersifat lentur dan ditemukan di dalam jaringan primer yang berfungsi untuk menyokong batang serta daun yang sedang tumbuh pada tumbuhan tua, dinding sel kolenkim akan mengeras atau berlignin sehingga akan berubah akan berubah menjadi sel sklerenkim.

jaringan sklerenkim : merupakan jaringan dasae yang terdiri atas sel-sel dengan dinding sekunder yang tebal. dinding sekunder tersebut tersusun dari lignin sehingga lebih kuat dan tebal.

komponen utamanya berupa dinding sel dan bukan protoplasma. oleh karena itu sel-sel pada jarigan ini dapat menjalankan fungsinya sekalipun jaringan ini mati. fungsi utama sklerenkim ialah sebagai penyokong dan terkadang berfungsi sebagai pelindung.

jaringan pengangkut :

merupakan jaringan yang bertanggung jawab atas transportasi air dan garam mineral dari dalam tanah ke dalam tubuh tumbuhan. terdiri dari dua bagian yaitu xilem dan floem .

silem merupakan pembuluh kayu  yang merupakan jaringan pengangkut daair daln mineral dari tanah menjuju ke seluruh bagian tumbuhan. xylem terdiri atas elemen pembuluh dan trakeid.

floem ialah pembuluh tapis dimana jaringan ini berfungsi untuk mengedarkan zat-zat hasil dari proses fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s