sel

 

struktur dan fungsi sel :

sel merupakan unit terkecil dalam mahkluk hidup yang mampu berdiri sendiri dan menunjukkan ciri-ciri khas kehidupan. el tidak dapat dibagi- bagi lagi karena ia merupakan unit terkecil.

sel dikenal sebagai unit struktural karena sel yang menyusun seluruh jaringan tubuh semua mahkluk hidup. dan dikatakan pula sebagai unit fungsional karena sel berlangsung dalam setiap berbagai eaksi kimia dan proses mahkluk hidup.

ukuran sebuah sel,sangat erat kaitannya dengan aktivitas sel itu sendiri dan gerak-gerak molekul yang melintasi membran sel/ membran plasma/plasmalemma.

agar tetap bertahan hidup sel harus mendapatkan suplai makanan , oksigen dan berbagai molekul lainnya dari lingkungan. sel juga harus mampu untuk melepaskan karbondioksida dan molekul-molekul berbahaya lainnya ke lingkungan.dalam hal ini luas permukaan sel sangat menentukan kelangsungan hidup sebuah sel. karena, semakin luas permukaan dari sel , maka semakin mudah sel tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

macam sel :

1. sel prokariotik : yaitu sel yang tidak memiliki membran inti. secara otomatis, DNA tidak dimiliki oleh sel ini.

2. sel eukariotik : yaitu sel yang memiliki membran inti. sel ini berukuran lebih besar daripada sel prokariotik,

BAGIAN-BAGIAN PENYUSUN SEL.:

umumnya terdiri dari 3 bagian utama yaitu :

1. membran sel / membran plasma /plasmalemma

2. sitoplasma (cairan sel)

3. organel-organel sel.

penjelasan:

1. membran plasma ialah lembaran tipis yang memisahkan antara sel dengan dunia luarnya. membran sel ini tersusun dari lipoprotein yaitu gabungan antara protein dengan lemak atau fosfolipid dengan protein. protein bersifat hidrofilik (mengarah ke air ) sehingga dapat terlarut dengan air. sementara lipid atau lemak bersifat hidrophobic atau tidak dapt terlarut dengan air. lapisan antara lemak dengan protei tersebut saling berhadapan sehingga disebut sebagai fosfolipid bilayer. bentuk membran plasma tidak kaku, hal ini disebabkan karena jika fosfolipid tersebut digoyang, lapisan tersebut akan membentuk lapisan ganda.

fungsi membran plasma adalah sebagai pembatas antara sel dengan lingkungan luarnya, transpor zat antara sel satu dengan sel yang lain, melindungi isi sel agar tidak keluar dan meninggalkan sel, melakukan seleksi terhadap sel-sel yang akan masuk ke dalam sel dan yang akan keluar meninggalkan sel, tempat berlangsungya reakasi-reaksi kimia dan sebagai reseptor dari luar.

2 sitoplasma : ialah cairan sel yang terletak antara membran sel dengan inti sel (nukleus). sitoplasma ini bersifat koloid atau mirip seperti jeli. sitoplasma ini tersusun dari 90% air dan lainnya adalah organel-organel sel.  fungsinya adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia dan metabolisme sel.

3 organel-organel sel. : adalah benda-benda yang terdapat di dalam sitoplasma dan menjalankan fungsi-fungsi hidup.(melakukan aktivitas-aktivitas metabolik).

organel-organel sel ini terdiri dari :

1. nukleus : sebagai rumah untuk informasi pewarisan sel mahkluk hidup. informasi-informasi tersebut disebut sebagai instruksi genetika. sehingga nukleus disebut juga sebagai pusat pengendali sel.

pada nukleus terdapat suatu membran yang disebut sebagai membran nukleus yang memisahkan antara isi nukleus dengan sitoplasma. membran ini merupakan membran ganda yang tersusun atas komponen fosfolipid dan protein.

didalam nukleus terdapat cairan yang disebut sebagai nukleoplasma,nukleolus dan kromosom . struktur nukleoplasma sama dengan sitoplasma, tetapi ia memiliki fungsi sebagai pembangun struktur ribosom. ribosom di bentuk di dalam nukleolus (anak inti). pada saat sel tidak aktif membelah, nukleoplasma mengandung kromatin. kromatin terdiri atas DNA dan protein.

2. retikulum endoplasma :

tersebar diseluruh sitoplasma dan membentuk lipatan lipatan dan tabung-tabung pada membran. pada bagian permukaan RE berlangsung semua reaksi kimia. RE dibedakan menjadi dua. yaitu RE halus dan RE kasar.

pada RE kasar terdapat banyak sekali ribosom sehingga tampak seperti berbintil-bintil. fungsinya adalah sebagai tempat untuk mensintesis protein. sedangkan RE halustidak memiliki ribosom dan bentuknya tubular, dan berfungsi sebagai tempat untuk mesintesa lemak dan sedikit hormon.

3. mitokondria : seringkali desebut dengan the powe house of cell. merupakan organel sel yang bermembran ganda. berfungsi sebagai lapisan antara isi mitokondria dengan sitoplasma. membran dalam mitokonria memiliki krista. dengan adanya krista, maka perukaan membran mitokondria akan semakin luas sehingga dapat meningkatkan terjadinya proses respirasi selular yang menghasilkan ATP (energi). oleh karena itu mitokondria disebut the power house f cell atau unit pembangkit tenaga dari suatu sel.

4. plastisida : hanya ditemukan pada sel tumbuhan saja, strukturnya berupa membran ganda. pada umumnya dikenal tipe plastisida :

  1. amiloplas : berwarna bening dan berguna untuk menyimpan cadangan makanan yang berupa amilum/pati.
  2. klomoplas : plastisida yang mengandung pigmen merah dan orange.
  3. kloroplas : mengandung pigmen hijau daun(klorofil), enzim dan molekul-molekul lainnya yang berperan dalam proses fotosintesis.

5) badan golgi :

merupakan organel sel yang terdiri atas beberapa lapis kantong pipih. merupakan organel sel terbesar yang terdapat di dalam sitoplasma. organel sel ini letaknya tersebar dalam sitoplasma dan antara organel saling berhubungan sehingga membentuk struktur kompleks seperti jala.

fungsi badan golgi ialah sebagai tempat pengubahan sel yang tidak aktif menjadi sel yang aktif, tempat penyimpanan sementara protein dan zat-zat lainnya yang berasal dari RE, bertanggug jawab terhadap pembentukan lisosom.

6)lisosom : organel sel yang bermembran tunggal yang dihasilkan oleh badan golgi. lisosom memiliki pH yag rendah dan mengandung enzim hidrolitik, yaitu enzim yang dapat mencerna setiap makromolekul secara intraselular.di dalam kondisi asam atau pH tinggi enzim tersebut dapat menghidrolisis lemak, peotein asam nukleat dan polisakarida.cara kerja lisosom dapat kita lihat pada cara kerja leukosit yang memiliki fungsi fagosit (memakan atau membunuh bibit penyakit).

7) badan mikro : merupakan organel sel yang berukuran kecil. seua organel yang tergolong badan mikro memiliki membran tunggal seperti lisosom. dua bagian penting dari badan mikro ialah peroksisom dan glioksisom.

8)vakuola : ialah organel sel yang berupa kantong-kantong bermembran besar. vakuola yang berukuran kecil sering kali disebut dengan velisikel. pada sel tumbuhan vakuola mengisi 90% volume sel. vakuola dibungkus oleh tonoplas, yaitu suatu membran yang mengatur pertukaran antara isi cairan vakuola dengan sitoplasma. cairan vakuola umumnya mengandung air dan gas,asam ,garam, kristal dan pigmen.

9) sitoskeleton :

adalah rangka sel yang berupa jalinan dari protein-protein dan filamen-filamen halus yang terdapat antara nukleus dan membran plasma. berfungsi sebagai penjaga dan membentuk sel. selain itu juga berfungsi dalam pergerakan sel dan organel-organel sel.

10) sentriol : organel sel yang terdiri atas dua pangkat mikrotubula . setiap perangkat sentriol terdiri atas 9 mikrotubula kembar tiga berbentuk silinder. kedua perangkat tersebut tersusun tegak lurus . berfungsi pada saat pembelahan sel.

11) silia dan flagel : flagel : struktur seperti rambut dan berjumlah sedikit.

silia : strutur seperti rambut dan berukuran banyak. strukturnya sama seperti struktur sentriol hanya saja  pada silia dan flagel terdapat tambahan dua mikro tubula pada bagian tengahnya dan semua ikatan merupakan mikrotubula kembar dua. fungsinya untuk menggerakkan sel dalam lingkungannya.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s